Getting the whole school excited about energy efficiency

Kali in kita akan cari tahu apa saja yang sudah dilakukan salah satu peserta Home and School Energy Champion 2012 yaitu SMP Al Muslim, Bekasi. “Sejauh ini SMP Al Muslim telah melalukan sosialisasi dengan berbagai pihak seperti seluruh siswa, orang tua siswa, staf guru serta staf bagian Tata Usaha”, demikian disampaikan oleh Ibu Ipu Puspita Dewi selaku Energy Manager. Sosialisasi program hemat energi ke adik-adiknya di SD juga dilakukan SMP Al Muslim. Mereka juga menayangkan film mengenai lingkungan dan budaya atau kebiasaan hemat energi di kelas pada saat Green Education dan pelajaran Biologi berlangsung. Seru ya!

Selain itu, Energy Warrior pun rajin untuk mengadakan pertemuan secara reguler. Bagaimana dengan siswa lainnya? Tentunya nggak dilupakan. SMP Al Muslim mengajak siswanya untuk aktif dalam berbagai kegiatan. Students are encouraged to be involved in making energy efficiency posters. These posters are placed all around the school. Mereka juga mengganti poster dan sticker lama dengan yang baru. Para guru dan Energy Warrior juga memakai pin “Hemat Energi” sebagai usaha sosialisasi. Sounds fun!

Eits, ternyata tugas Energy Warrior bukan hanya mengawasi perilaku hemat energi di sekolah loh. Mereka juga diminta untuk membuat kultum atau ceramah singkat tentang efisiensi energi yang menarik bagi kawan-kawannya.

“Sekolah juga menyediakan duplikat remote AC setiap kelas, sehingga siapa saja dapat mematikannya jika tidak digunakan”, tambah Ibu Ipu. This will help saving energy and also help the cleaning staff in doing their duties.

Kegiatan hemat energi dilakukan di seluruh bagian sekolah. Dari mulai kelas, aula, lapangan, unit lain seperti SD dan SMA/K Al Muslim, bahkan hingga ke bumi perkemahan Al Muslim. Kegiatan tersebut harus melibatkan seluruh civitas akademika terutama Energy Manager, manajemen sekolah, Energy Warrior, guru, karyawan dan petugas kebersihan sekolah.

SMP Al Muslim memberi kesempatan kepada seluruh siswanya untuk mengikuti Tantangan Bulanan yang diadakan. ”Dalam pelajaran Green Education, siswa ditugaskan untuk menggambar dengan tema seputar lingkungan dan hemat energi dalam kelompok.” Ibu Ipu mengatakan bahwa beliau yakin bahwa SMP Al Muslim dapat memenangkan kompetisi ini. Beliau meyakini bahwa jika hal tersebut sudah tertanam dalam pikiran, maka nantinya akan menjadi nyata. Jadi ternyata mereka tidak menjadi pemenang Home and School Energy Champion 2012, mereka tetap merasa senang dan bangga sudah berperan dalam menjaga lingkungan dan menghemat energi.

Posted on 27 April 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: