Madania School: Planning a more effective energy saving through Green Program

 

 

 

 

 

Dari Sekolah Madania, kami berbincang dengan Ibu Alfi Afifah, selaku kepala sekolah sekolah, mengenai penghargaan yang diterima oleh sekolahnya. “Kami sangat senang dan bangga sekali sewaktu diumumkan menjadi finalis.” Namun yang lebih penting lagi, murid-murid merasakan bahwa kerja keras mereka selama ini dihargai dan memberikan hasil. Being a finalist also gives good and positive image towards Madania School.  Dengan terpilihnya Madania menjadi finalis, menunjukkan bahwa Madania berhasil dalam menjalankan program efisiensi energi. This means Madania must set a good example for other schools that wants to do energy efficiency.

Menurut Ibu Alfi, perilaku dan kebiasaan hemat energi yang sudah terbangun selama ini harus tetap dijalankan dan diteruskan ke generasi selanjutnya. “Program utama sekolah kami setelah ini adalah mengkampanyekan budaya hemat energi ke sekolah-sekolah yang lain di sekitar kita dan juga rumah-rumah yang terkait dengan Madania.” Thru this community relation, we hope to deliver the main message of efficiency energy. Bu Alfi menambahkan bahwa Sekolah Madania juga akan menyusun Green Program berikutnya dengan lebih matang. “Salah satunya adalah menyusun program less paper, sebelum akhirnya bisa mencapai tahap paperless,” demikian Ibu Alfi mengakhiri perbincangannya dengan Tim EECCHI.

 

Meet Madania, the school for the next “green” generation of leaders

Image

Madania adalah sekolah Indonesia dengan standar international yang terletak di antara sibuknya Jakarta dan segarnya Bogor – Telaga Kahuripan, Parung. Sesuai dengan visi sekolah yang dimilikinya yaitu “An Indonesian School for the Next Generation of Leaders”, Madania merasa bahwa manfaat dari mengikuti Energy Championbukan hanya untuk saat ini, tapi akan berguna di masa depan serta generasi berikutnya. Madania selalu berusaha untuk berperan aktif dalam kegiatan berwawasan lingkungan karena hal tersebut dianggap sejalan dengan budaya sekolah ramah lingkungan. Rencana jangka panjang dalam kurun waktu 4 tahun adalah pengurangan konsumsi listrik dan pengurangan penggunaan kertas. As they say, reduce and re-use.

Ibu Alfi Afifah, Head of Madania Secondary School menyampaikan, “Seluruh warga sekolah terlibat dalam Energy Champion, karena program ini tidak akan berhasil jika hanya melibatkan beberapa atau sebagian pihak saja.”Everybody must bring something to the table, no matter how small it is. Maka partisipan kegiatan ini tidak hanya terbatas pada School Energy Manager Team dan School Energy Warrior Team. Dari pihak manajemen sekolah yang paling berperan adalah bagian General Affair, karena mereka yang banyak mengetahui tentang energi yang digunakan di sekolah. Sementara itu, siswa dilibatkan melalui berbagai organisasi yang ada antara lain Student Council, klub ekskul seperti Green Club, Science Club, serta melalui kegiatan Community Service. School Energy Warrior yang terpilih melalukan sosialisasi ke seluruh siswa. Team Energy Warrior Madania terdiri dari 30 siswa dari kelas 7, 8, 10 dan 11.

Kompetisi Energy Champion, terutama tantangan bulanan, dapat diikuti oleh semua siswa setelah melalui audisiinternal. Further guidance will be provided for team that pass the audition so they can be fully prepare for the challenge.Sebelumnya Madania telah melakukan penghematan energi dalam tingkat manajemen, yaitu departemen General Affairs. Dengan melibatkan semua pihak, diharapkan strategi penghematan energi dapat dilakukan dengan lebih efektif. This way, the Madanians will actually make a difference to the environment.

 

Madania Secondary School

Telaga Kahuripan, Parung, Bogor – 16330

+62.251.8602777  Fax. +62.251.8604777

www.madania.net

email : school@madania.net

 

Posted on 3 April 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: